KAMI MENYEDIAKAN SAYUR-SAYURAN SEGAR, BUAH-BUAHAN (LOKAL DAN IMPORT), BUMBU-BUMBU, IKAN, SEAFOOD, DAGING SAPI DAN AYAM POTONG, SEGERA HUBUNGI DAN TEMUKAN INFORMASI LENGKAP KAMI...KLICK DI SINI


15.1.13

Kentang

kentang
KENTANG
Sumber karbohidrat selain beras, jagung, gandum, singkong dan sebagainya salah satunya adalah dari umbi kentang. Karena sumber karbohidrat yang bagus untuk dikonsumsi, kentang bisa dijadikan makanan pokok, seperti yang terjadi di negara - negara Eropa, Amerika dan Australia, kentang dimanfaatkan menjadi makanan pokok yang sangat penting. Mungkin yang terjadi  dibelahan benua lain belum memanfaatkan kentang secara maksimal sebagai makanan pokok, seperti di Asia yang masih menggunakan beras sebagai makanan pokok . Tapi bisa dimulai dari sekarang jika ingin tidak tergantung oleh beras.
Tanaman kentang sebenarnya adalah tanaman asli dari negara di kawasan Amerika Selatan, menyebar ke seluruh dunia oleh pedagang Eropa yang mambawa bibitnya dan ditanam di negara asalnya kemudian membawanya lagi bibit kentang ke negara jajahan seperti di Indonesia. Komoditas kentang sekarang semakin menemukan pasarnya yang di tandai dengan masuknya komuditas ini di pasar modern seperti super market, ke restaurant, hotel dan lainnya. Ini harapan baik untuk petani kentang yang selama ini terpuruk harganya karena tidak meratanya konsumsi kentang di masyarakat.  Harapan baik ini bisa disambut oleh petani kentang yang kebanyakan di daerah dataran tinggi, dengan meningkatkan mutu tanaman sehingga hasilnya bagus dan bisa masuk ke pasar yang lebih baik dengan harga yang tinggi.
Di Indonesia, salah satu daerah yang sudah terkenal dengan tanaman kentang unggulan adalah daerah dataran tinggi Dieng, yang masuk di perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Kentang dari daerah ini sudah merambah pasar di Jakarta dan daerah sekitarnya untuk memasok supermarket dan restaurant. Karena kentang yang berasal dari dataran tinggi Dieng kualitasnya bagus dan termasuk dalam kelas A, maka banyak konsumen yang gemar mengkonsumsinya. Dan kini kentang dari daerah Dieng menjadi pilihan utama di pasar - pasar, disamping kualitas bagus, harga juga relatif lebih murah di bandingkan kentang import.
Semoga semakin banyak lagi tanaman kentang yang dibudidayakan oleh petani di Indonesia, sehingga ketika panen padi gagal bisa ada pilihan alternatif sebagai makanan pokok. Sekian dan semoga informasi ini bermanfaat, salam.

Tidak ada komentar: