KAMI MENYEDIAKAN SAYUR-SAYURAN SEGAR, BUAH-BUAHAN (LOKAL DAN IMPORT), BUMBU-BUMBU, IKAN, SEAFOOD, DAGING SAPI DAN AYAM POTONG, SEGERA HUBUNGI DAN TEMUKAN INFORMASI LENGKAP KAMI...KLICK DI SINI


18.11.12

Kecipir

Suplier sayuran
KECIPIR
Tumbuhan kecipir secara umum adalah tumbuhan liar yang tumbuh menyusur tanah dan ketika menemukan rambatan pohon yang tumbuh lebih tinggi ke atas secara otomatis ia akan merambat untuk manghindari basah ketika hujan terjadi. Hal ini sudah naluri bagi semua jenis tanaman merambat. Tumbuhan kecipir dipetik buah mudanya yang dimanfaatkan / dijadikan sayuran sebagai bahan masakan untuk disantap manusia. Selain itu daun mudanya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan sayuran yang umum dimasak sebagai urap. Namun ada juga yang memetik buahnya hingga membentuk isi yang disebut kacang kecipir dan bisa dijadikan sebagai bahan makanan yang diolah dengan cara dioven, hasil dari produk ini disebut kacang polong kecipir. Nama ilmiah tumbuhan ini adalah Psophocarpus Tetragonolobus L. yang termasuk ke dalam species polong - polongan. Tumbuhan asli Indonesia ini sekarang sudah dibudidayakan oleh petani di Indonesi dan tersebar hampir diseluruh daerah meskipun masih skala kecil. Biasanya ditanam di pematang sawah / tanggul. Secara khusus membudidayakan kecipir dengan lahan luas masih sangat jarang dilakukan. Mungkin alasannya komoditas sayuran ini kurang laku dipasaran karena tidak semua restaurant dan pengusaha kuliner memakai sayuran ini. Pelanggan sayuran ini biasanya restaurant dengan menu masakan Sunda, Jawa dan Betawi yang punya ciri khas urap atau lalapan. Perlu anda ketahui bahwa tumbuhan kecipir memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan. Karena tumbuhan ini bisa mengikat nitrogen dengan sangat baik  dari udara, dan ini akan sangat berguna jika kelak tumbuhan ini sudah tidak produktif, bisa dijadikan pupuk hijau. Perilaku ini yang digemari petani untuk menambah pupuk hijau alami di lahan mereka.
Tumbuhan kecipir memiliki manfaat bagi kesehatan manusia, seperti daunnya yang dimanfaatkan untuk obat radang anak daun telinga. Mungkin tidak semua orang tahu tumbuhan kecipir ini, dengan posting ini admin berharap ada yang mengunjungi artikel ini yang belum paham tumbuhan kecipir. Kami supplier sayuran dan buah Jakarta menyediakan sayuran jenis ini untuk memasok usaha kuliner pemirsa, khususnya yang ada di wilayah Jakarta. Kurang lebihnya admin mohon maaf dan semoga bermanfaat, salam.